Beranda > Keluarga > Lima Langkah Meraih Ketenteraman Ruhani

Lima Langkah Meraih Ketenteraman Ruhani

flowers_13.jpgSebuah tabloid MQ tergeletak disebuah “Dipan” tempat Ibu biasa meletakkan roti atau jajanan pesanan. Saya ingat Tabloid MQ tersebut oleh-oleh Ibu saat berkunjung ke Pondok Pesantren AA Gym tahun 2005. Sudah lama tapi ada satu artikel yang menarik minat saya yaitu lima langkah meraih ketentraman ruhani tulisan KH. Abdullah Gymnastiar dan saya tertarik untuk mencatat-nya dalam blog ini, sebagai sarana mengingatkan kembali tujuan dalam berumah tangga kami dan Insya Allah berusaha untuk mengamalkannya.

  1. Bangun Keluarga dengan kekuatan iman isi rumah kita dengan ibadah dan amal shalih. Tenteram hanya akan lahir dalam rumah tangga yang selalu dekat dengan Allah. Tilawah Al-Quran, shaum sunnah Senin-Kamis, Shalat berjamaah (pada waktu-waktu tertentu) dan Tahajud berjamaah, adalah standar keluarga bahagia.
  2. Seisi rumah harus memiliki kesepakatan untuk bisa mengelola sikap dan perilakunya Buat komitmen untuk menjadikan rumah sebagai “surga mini” di dunia. Dan, semuanya harus diawali oleh Ayah dan Ibu.
  3. Terapkan prinsip tiada hari tanpa ilmu Jadikan anggota keluarga sebagai manusia-manusia yang haus ilmu. Rumah harus benar-benar menjadi madrasah dimana ilmu, wawasan dan pengetahuan tumbuh subur didalamnya. Tanpa ilmu tidak mungking akan terjadi peruahan berarti dalam hidup.
  4. Jadikan rumah sebagai sarana pembersih diri Tidak ada tempat aman untuk mengoreksi diri kecuali rumah. Siapa saja yang ingin rumahtangganya sakinah, mawaddah dan penuh rahmah, maka seisi rumah harus sepakat untuk menjadikan rumah sebagai sarana pembersih diri.
  5. Jadikan rumahtangga sebagai pusat kederisasi untuk mencetak generasi bermutu yang cerdas intelektualnya, emosinya dan spiritualnya.

Wallahu a’lam bish-shawab

Kategori:Keluarga Tag:
  1. Anonim
    19 Maret, 2008 pukul 7:07 pm

    Aku pikir Lilik nih berbakat jadi Psikiater….
    si Askimet nggak usah di pikirin lah, gini malah enjoy😀
    FREE7

  2. 19 Maret, 2008 pukul 7:33 pm

    Ah.. ini hanya menulis yang aku baca saja😀 siapa tahu berguna bagi pembaca

  3. DEWI, SHAH ALAM-MALAYSIA
    17 November, 2008 pukul 2:34 pm

    betul ke ni ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: