Beranda > Belajar, Lain-lain > Antara SEO, LINK dan PAGERANK

Antara SEO, LINK dan PAGERANK

SEO LINKSejak pertama kali saya membuat blog, saya tidak tahu apa itu SEO, Pagerank dan Link.

Saya-pun sempat terheran bagaimana caranya membuat banner yang saat di-klik langsung keluar blog orang… Canggih.
Setelah membaca dari beberapa blog tutorial akhirnya saya “tahu sedikit” tentang link dan mulai “berburu link” kepada blog-blog yang direkomendasikan oleh blog tutorial.

Ada beberapa pertanyaan yang sampai saat ini masih bergelanyut dalam benak saya… apa gunanya…?


Ada beberapa teori yang saya amati tentang link

  1. Cari Link kepada blog dengan PR tinggi pasti blog kita akan terangkat PR-nya minimal 1 tingkat dibawah blog yang melakukan link dengan kita.
    Contoh : Blog dengan PR-5 jika melakukan pertukaran link dengan kita maka sebentar lagi blog kita akan mendapat PR-4.
    Saya mengambil contoh beberapa blog yang ada diblogroll blog ini

    Ketiga blog tersebut mendapat link dari blog dengan PR-6 seharusnya sesuai dengan teori diatas maka ketiga blog tersebut ber PR-5 atau minimal ketiga blog tersebut mempunyai PR yang sama. Atau satu contoh lagi, sebentar lagi blog ini akan mendapat minimal PR-2 karena mendapatkan link dari PR-4 dan PR-3 dan semuanya saya selipkan dalam sebuah posting yang katanya mempunyai nilai yang lebih tinggi daripada diletakkan dalam sidebar.
    Sebenarnya saya lebih sependapat kalau PR diberikan karena isi dari blog tersebut , tapi untuk alasan itu-pun sebenarnya bisa dibantah, coba anda buka Blog Go Blog, Blog super konyol yang sya buat bersama teman-teman sebagai guyonan teman-teman satu pabrik dan lebih banyak gambar dari pada tulisan-pun bisa dapat PR-3 atau sebuah Tragedi PageRank?

  2. Bertukar link bisa menaikkan rangking di Search Engine. Saya masih bingung sebenarnya Search Engine mana yang dibidik oleh para ahli SEO, kalau melihat dari tujuan utama mendapatkan PR tinggi, mungkin yang dibidik adalah Google. Mengapa Google, apakah PR ini yang dijadikan standart oleh para peng-iklan untuk mau menaruh iklan diblog kita? Saya lebih setuju kalau PR digunakan Google untuk bargaining position dengan para pemasang iklan.

Sejak membaca beberapa komentar dari Free-7 dibeberapa blog dan blog ini dan membaca isnaini.com saya jadi “malas” untuk “berburu link” karena menurut Isnaini cukup dengan me-link sesama blog kita sendiri-pun sudah cukup. mengapa harus nyepam ke blog lain.

Perlukah SEO dalam membuat blog…? Tergantung penilaian Anda masing-masing, bagi saya yang penting dapat menulis apa yang saya pikirkan sudah menjadi nilai tambah bagi saya daripada hanya menyimpannya dalam Otak yang terkadang kita lupa karena beban hidup yang semakin tinggi.

Budayakan menulis……

  1. Anonim
    13 Maret, 2008 pukul 4:52 pm

    ini cuplikan teori:
    untuk mendapat PR4?

    – 3,055 link dari PR1
    – 555 link dari PR2
    – 101 link dari PR3
    – 18.5 link dari PR4
    – 3.5 link dari PR5
    – 1 link dari PR6

    untuk mendapat PR5?
    – 16,803 link dari PR1
    – 3,055 link dari PR2
    – 555 link dari PR3
    – 101 link dari PR4
    – 18.5 link dari PR5
    – 3.5 link dari PR6

    PR(A) = (1-d) + d ( PR(T1)/C(T1) + … + PR(Tn)/C(Tn) )
    PR(A) = PageRank page A d = dampering factor, normalnya 0.85 PR(Tn) = PageRank page yang link ke page A C(Tn) = jumlah link dari page tersebut n = 1 … ~ (sebanyak jumlah page yang link ke page A)

    di atas cuplikan teori PR (suatu saat pengen jg sy membahas dlm bentuk posting memenuhi permintaan oom) yg di imani para pelaku/pakar SEO , tp skrg ini buat saya kebenaran-nya tiak sampai 10%…itu pendapat saya pribadi….satu contoh kasus : kalo PR yg tiba2 drop jadi nol krn di bilang jalan link gmn teori ini menjawab?…atau kasus http://www.problogger.nethttp://www.boingboing.net yg sdh jelas trafic n power nya nggak prernah turun jadi drop 2-4 level..

    pokoke masing2 lah… aku pribadi mending fokus nulis ,cari temen,cari duit, dari paa ikut2tan berSEO ria spt di doktrin sama DODOL n temen2 nya , nt kalo kt punya duit kita beli aja google n yahoo itu biar punya 2 web ber PR 10😀

  2. 13 Maret, 2008 pukul 8:53 pm

    Wah banyak banget syarat-nya suhu… kayaknya untuk dapat 1 link dari PR-6 gampang-gampang sulit😀 …. asal suhu nge-link blog ini he he …

    Untuk kasus Lasya Butik dan Javanese Foods padahal cuma dapat link sekitar 28 buah…tapi bisa dapat PR-4 ya….
    Blog Michael Learn To Vista punya link dari 64 blog cuma PR-3 (promosi)

    Terus menulis tanpa memikirkan PR lebih asyik toh katanya Tidak Ada Rahasia Dalam SEO

    Lebih sip lagi kalo dapat sponsor yang banyak kayak suhu…. tambah semangat buat nge-blog he he

    Saya sedang giat nambah posting buat Cheers To Life biar bisa dilirik sponsor….😀

    Terima kasih komentarnya walaupun lupa nggak dikasih nama tapi saya bisa menebaknya… (dari gaya tulisannya yang khas)

  3. 14 Juni, 2008 pukul 1:34 pm

    scrupleless noctiferous poleman lactifical helve wellsite barrulee mew
    Upchurch Watson & White Mediation Group
    http://www.russianpointe.com/

  4. 20 Juni, 2008 pukul 5:23 am

    scrupleless noctiferous poleman lactifical helve wellsite barrulee mew
    William Anelay Ltd.
    http://www.wctmwd.org/

  5. 22 Juni, 2008 pukul 7:07 am

    scrupleless noctiferous poleman lactifical helve wellsite barrulee mew
    Three Lakes Public Golf Course
    http://www.ambrosiaSW.com/

  6. 28 Juli, 2008 pukul 3:07 pm

    saya page rank 1, padahal link ga nyampe sepuluh.
    ini tips dari saya : update setiap minggu artikelnya ^^

  7. 31 Juli, 2008 pukul 2:13 pm

    @ burukutuk : terima kasih sarannya … mungkin karena setiap minggu nggak update PR saya jadi turun ya .. dari PR-5 ke PR-4

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

